Century Gate ........

Skandal Bank Century menjadi perhatian para elit dan media massa di sejumlah negara di Asia Tenggara, karena melibatkan para pejabat penting di Indonesia. Apalagi berkembang wacana, kemungkinan Boediono dan Sri Mulyani dinonaktifkan dari jabatan mereka.

Frans Aba, peneliti ekonomi-politik pada Aliansi Buruh Migran Asia Tenggara, menyingkapkan bahwa media dan kelas menengah di negara-negara Asia Tenggara seperti Malaysia, Singapura, Thailand dan Filipina menaruh perhatian serius atas kasus Century Gate dan kisruh KPK versus Polri belakangan ini.

"Indonesia adalah jangkar stabilitas Asia Tenggara, sehingga krisis-krisis itu berpengaruh. Apalagi ada wacana agar Boediono dan Sri Mulyani nonaktif," kata peneliti muda dan kandidat PhD (doktor) di National University of Malaysia itu.

Frans melihat krisis belakangan ini masih terus berlangsung sampai 100 hari nanti, dan menjadi perhatian para elit dan masyarakat madani di ASEAN. Apa yang akan terjadi dalam waktu dekat, belum bisa diprediksi. "Namun pasti bahwa kasus Century dan KPK-Polri jika tak cepat diselesaikan tuntas, sangat menganggu ekonomi," kata Frans.

Selengkapnya